Rabu, 29 Oktober 2014

pengertian unit keluaran(output device)

Output device adalah perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan suatu keluaran seperti gambar, kertas (hardcopy), suara, dll. Contoh dari output device adalah printer, speaker, monitor, dll.

Dari penjelasan di atas dan dari posting sebelumnya tentang input device [Baca: Mengenal input device pada komputer] dapat kita simpulkan bahwa prinsip kerja komputer diawali dengan memasukkan data dari perangkat input lalu data tersebut diolah dan kemudian data itu disimpan melalui memory komputer/disk. Data yang sudah disimpan dapat kita lihat melalui alat keluaran / output device.
Contoh-contoh output device adalah:
1. Monitor
Dapat disebut juga dengan computer display, visual display unit, atau monitor saja. Monitor adalah salah satu unit output device yang berfungsi menampilkan gambar-gambar dari komputer yang bisa dilihat tanpa merekamnya. Saat ini layar monitor diproduksi dalam dua bentuk, yaitu CRT (cathode ray tube) atau Flat Panel seperti TFT LCD. Tapi dari kabar yang saya dengar, saat ini monitor CRT sudah tidak diproduksi lagi dan digantikan dengan TFT LCD.
Gambar yang dihasilkan dari monitor CRT biasanya terbuat dari 10% titik-titik kecil yang berpendar sesuai perintah dari komputer. Semakin dekat jarak pikselnya (resolusi) akan semakin tajam gambar yang diperoleh. Jarak antar piksel disebut dot pitch dengan satuan milimeter. Kebanyakan monitor CRT memiliki dot pitch sebesar 0,28 mm atau kurang.
Sedangkan monitor LCD adalah monitor yang tipis, tersusun dari beberapa piksel warnaatau piksel monokrom yang dibariskan di depan sumber cahaya atau reflektor. LCD sangat hemat energi dan tidak makan tempat. Karen kehematannya, LCD bisa digunakan dengan sumber daya baterai.
2. Printer
Adalah alat yang menampilkan data dari komputer dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik di atas kertas. Printer terbagi atas beberapa bagian, yaitu picker sebagai alat pengambil kertas dari tray, tray adalah tempat menaruh kertas di printer. Tinta / toner adalah bahan pencetaknya. Perbedaan toner dengan tinta adalah perbedaan sistem; toner atau laser butuh pemanasan sebelum mencetak, sedangkan tinta / inkjet tidak butuh pemanasan. Sedangkan cartridge adalah alat pencetaknya.
3. Speaker
Adalah transduser yang mengubah sinyal elektrik ke frekuensi audio (suara) dengan cara menggetarkan komponennya yang berbentuk selaput.
4. Plotter
Adalah salah satu jenis printer yang dirancang secara khusus guna menghasilkan output komputer berupa gambar / grafik. Dengan menghubungkan plotter ke komputer, berbagai bentuk gambar akan dicetak dengan ukuran ekstra dan dengan kualitas tinggi.


Fungsi Alat Output Dan Macam-Macam Perangkat Output Komputer

Sejumlah alat output atau Output device komputer mengirimkan data yang telah di proses ke pengguna komputer. Melalui artikel di blog jaringan komputer ini, mari kita bahas perangkat output komputer dan macam-macam alat output pada perangkat komputer.

Mengenal Alat Output Komputer

Dalam dunia komputer, input/output (I/O) mengacu pada komunikasi antara komputer dan pengguna. Sebagaimana dijelaskan dalam artikel alat input dikatakan bahwa Input adalah data yang dimasukkan atau dikirim ke sistem, sedangkan output adalah data yang dikirim keluar oleh sistem. Pengertian output Device adalah perangkat keras komputer yang digunakan untuk mengkomunikasikan hasil pengolahan data yang dilakukan oleh komputer untuk pengguna. Ada beberapa perangkat, yang menghasilkan data dalam bentuk yang berbeda mencakup salinan audio, video atau hardcopy. Alat output komputer adalah jenis perangkat keras peripheral terkoneksi, yang terhubung ke komputer, baik menggunakan kabel atau melalui jaringan wireless. Suatu hal yang terpenting jika anda memiliki komputer desktop, laptop, super komputer, dll, Anda akan membutuhkan setidaknya satu perangkat output komputer.

Macam-Macam Alat Output

perangkat alat output device komputer
Macam-macam alat output komputer
Output yang diberikan oleh komputer dapat berupa tampilan pada layar atau dokumen cetak atau bisa berupa yang dimainkan. Sebagian besar output device komputer sudah sangat umum digunakan baik di kantor maupun di rumah-rumah. Apa saja yang termasuk alat output itu dan apa fungsi alat output dari masing-masing perangkat, berikut daftarnya
Monitor
Sebuah monitor disebut juga video display terminal (VDT). Tampilan visual dari data yang diproses, dimana pengguna dapat melihat melalui monitor. Monitor komputer saat ini sangat beragam dari merk dan berbagai ukuran layar dan resolusi visual. Ada dua jenis monitor komputer yang umum dugunakan, yakni CRT dan Flat Panel. Semua monitor sangat bergantung pada VGA yang terletak pada motherboard yang berfungsi untuk menampilkan informasi. Fungsi VGA disini adalah memproses data menjadi gambar yang ditampilkan pada layar monitor.
Printer – Pencetak
Salah satu  alat output komputer yang penting adalah printer, merupakan perangkat hardware eksternal, yang mengambil data dari komputer yang telah diproses untuk menghasilkan data berupa hard copy. Setelah monitor, printer adalah perangkat yang paling sering digunakan pada komputer dan umumnya digunakan untuk mencetak data teks, gambar, dll. Ada tiga jenis Printer yang yaitu ink jet, printer laser dan dot matrix. Masing-masing jenis printer tersebut menggunakan teknologi yang berbeda dalam pencetakan data
Speaker
Speaker adalah perangkat output  yang terhubung ke sound card komputer, yang menghasilkan output data yang dapat didengar melalui speaker. Data audio yang dihasilkan oleh komputer dikirim ke soundcard, kemudian menerjemahkan data menjadi sinyal audio, kemudian dikirim ke salah satu speaker atau headphone. Pada awalnya  komputer memiliki speaker on-board, yang menghasilkan serangkaian nada beep. Ketika popularitas game multimedia dan komputer semakin berkembang, speaker komputer berkualitas tinggi beredar dipasaranperangkat keras komputer.
Proyektor
Proyektor adalah salah satu alat output, fungsinya sama seperti layar komputer yang diproyeksikan ke layar datar. Data gambar dikirim ke video card, oleh komputer yang kemudian diterjemahkan menjadi gambar video dan dikirim ke proyektor. Proyektor sering digunakan dalam pertemuan atau digunakan membuat presentasi, karena proyektor memungkinkan untuk menampikan gambar yang lebih besar dan dapat diatur ukuran gambarnya.
Plotter
Plotter, seperti juga printer mencetak berupa hard copy dari desain digital yang diberikan. Desain dikirim ke plotter melalui kartu grafis dan gambar dibuat dengan menggunakan pena. Dengan kata sederhana,  plotter pada dasarnya menggambar menggunakan serangkaian garis lurus. Alat output komputer jenis ini sering digunakan untuk aplikasi teknik.
Disc
Ada berbagai jenis cakram, seperti CD, DVD dan floppy disk, yang merupakan perangkat  output dan juga digunakan untuk menyimpan data. Pada saat yang sama, mereka juga merupakan perangkat input. Data dikirim ke disk dan data yang terdapat pada disk, dapat diambil jika diperlukan.
Singkatnya, Perangkat yang disebutkan diatas adalah alat output perangkat informasi komputer. Semua komputer mungkin tidak memiliki semua perangkat output, tetapi setidaknya memiliki salah satu dari alat output visual seperti monitor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar